Tips Untuk Menjaga Agar Otak Kiri dan Kanan Tetap Sehat



Otak adalah  yang adalah organ tubuh yang sangat vital dalam tubuh manusia sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. adapun hal-hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga agar tidak merusak  kinerja Otak  berikut ini :
1. Jangan Berpikir terlalu keras saat sakit.
Menggunakan otakmu secara intens untuk memikirkan pekerjaan atau hal-hal yang membuatmu stres saat sedang berada dalam kondisi kurang optimal dapat menjadi salah satu penyebabnya. Meski kamu merasa baik-baik saja, namun otak kita bekerja lebih kerja dan "lembur" saat sedang sakit. Membiarkan otak bekerja rodi di tahap sensitif ini bisa mengarah pada kerusakan sel abu-abu, yang merupakan bagian penting dalam sistem saraf dan menentukan IQ-mu. Jadi ya... Woles aja, rileks dan istirahatkan tubuh.
2. Ingat  sarapan Pagi .
Iya, aku paham kamu pasti tergoda untuk buru-buru beraktivitas dan melewatkan sarapan di pagi hari, dengan pikiran kamu bisa mengisi perut nanti saat tiba di kampus atau kantor. Atau bisa jadi langsung menuju ke jam makan siang untuk memenuhi kebutuhan itu. Catat ya, guys: kebiasaan ini berbahaya untuk jangka panjang. Nutrisi penting yang kamu butuhkan untuk menjalani hari akan berkurang drastis dan memaksa tubuhmu bekerja dalam kondisi malnutrisi. Nggak makan di pagi hari bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menguras nutrisi penting yang dibutuhkan otak. Di kemudian hari, otakmu akan bekerja lebih lambat.
3. Jangan Makan berlebihan.
Solusi ketika kamu melewatkan satu kali makan dalam sehari bukanlah makan berlebihan. Makan secara berlebihan justru dapat membahayakan otak, sebab mengonsumsi makanan lebih dari yang dibutuhkan tubuh dapat membingungkan bagi otak dan menyebabkan ketidakseimbangan produksi insulin. Bukan cuma bisa berakhir pada obesitas dan diabetes, namun juga bisa memperkeras arteri yang bisa berpengaruh pada fungsi mentalmu di kemudian hari.
4. Asupan Air Mineral yang cukup.
Sebagian besar otak kita terdiri dari air. Saat kita memutuskan untuk duduk di ruangan ber-AC namun kurang megonsumsi air mineral, sel tubuh kita akan perlahan menyusut. Tubuh yang kekurangan air akan "meminjam" persediaan air dari otak, yang menyebabkan sel menyusut semakin cepat.
5. Gula berlebihan.
Iya, emang yang manis-manis itu selalu enak... #cobalihatkecermin tapi ingat, nggak selalu baik. Kalau kamu mau tetap bisa berpikir secara tajam, kurangilah semua yang manis! Kadar gula yang konsisten tinggi dapat berpengaruh buruk pada memori dan kemampuan belajar. Singkatnya, konsumsi terlalu banyak gula bisa membuat kamu makin bodoh.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Flag Counter