Tutorial Setting Jam Tangan Chronograph Dengan Cepat Dan Mudah

Tutorial Setting Jam Tangan Chronograph Dengan Cepat Dan Mudah

Pengertian
chronograph berasal dari kata Yunani untuk waktu dan menulis (“chronos” dan “grafik“). Sebuah arloji chronograph adalah jenis jam tangan yang dapat bertindak sebagai stop watch, pengukuran interval waktu ketika menekan tombolnya di kedua sisi dari crown.

Chronographs dapat melacak berlalu waktu (detik, menit dan – pada beberapa model – bahkan jam berlalu), serta waktu, ada beberapa chronographs yang juga dapat merekam fraksi yang kedua. Hal ini dicapai dengan menggunakan dial khusus atau skala di pinggir dial jam itu. Sebuah chronograph digital mampu membaca 1 / 100 dari sebuah chronograph, kedua kuarsa – 1 / 10 detik, dan mekanik – 1 / 5 per detik.

Tachymeter
Jika anda membeli jam tangan dan dilingkar luarnya (bezel) terdapat banyak angka-angka, paling besar tertulis 500 diatas dial angka 1 dan paling kecil 60 diatas dial angka 12 pasti anda juga akan mendapati tulisan tachymeter yang menunjukkan satu skala.




  1. Pertama lihatlah tanggal yang ada pada jam tangan anda yang tujuanya adalah untuk melihat apakah nanti tanggal tersebut berubah setelah anda selesai mempraktikan tutorial ini.
  2. Selanjutnya lihatlah di bagian kiri / samping arloji anda, terdapat tiga tombol yang memiliki fungsi masing-masing.
    biasanya dua tombol pinggir memiliki fungsi sebagai start stopwatch dan penghentinya, dan tombol tengah inilah yang di fungsikan sebagai cara untuk mengatur tanggalnya.
  3. Sekarang jika anda sudah mengetahui tombol mana yang berfungsi sebagai pengatur tanggal, saatnya anda untuk mengeksekusi. namun yang perlu anda ketahui pada jam tangan bermerek mungkin fungsinya sedikit berbeda yaitu bukan hanya sekedar langsung di putar ke atas bawah, atau di tarik dulu kemudian di putar. namun untuk mengatur tanggalnya. bisa dibilang anda butuh memainkan sedikit perasaan untuk dapat mengubahnya.
  4. Eksekusi Langkah Berikutnya Kendurkan dulu pelatuk (tombol tengah) dengan memutar ke arah anda, jangan sampai terlepas karena mungkin hanya membutuhkan 5-6 putaran.
  5. Kemudian tarik keluar tombol tengah dengan hati-hati dan perlahan, biasanya sampai akan terasa sedikit getaran dan berbunyi (klik) atau (cekrek).
  6. Kalau sudah terdengar bunyi itu berarti tombol sudah berfungsi atau terhubung dengan tampilan tanggalnya. 
  7. Selanjutnya, putar perlahan tombol ke arah belakang (ke arah anda). jangan cepat-cepat serta mulai perhatikan tanggal di jamnya apakah sudah mau berjalan. kalau sudah juga berhati-hatilah karena kalau kebablasan maka anda harus terus memutarnya lagi sampai mengulang dari awal ke tanggal yang anda inginkan.
  8. Saya anggap anda sudah berhasil memposisikan tanggal sesuai keinginan anda, dan untuk mengembalikanya adalah dengan menekan tombol tersebut sampai berbunyi lagi suaranya seperti sebelumnya.
  9. dengan tetap menekan ke dalam putar tombol kearah depan sampai tombol terparkir kuat (kenceng) dengan sempurna. 


EmoticonEmoticon

Flag Counter